30 Agustus 2008

PEMIMPIN ITU PELAYAN

Memimpin bukan tentang apa yang kita dapatkan dari orang lain tetapi mengenai apa yang diperoleh orang lain dari kira. (A Leader’s Legacy, Kouzes and Fousner)
Setiap hari begitu banyak tersedia kesempatan untuk memberi kepada orang lain. Kesempatan yang dating secara langsung ataupun kesempatan yang kita buat sendiri. Memberi adalah bentuk pelayanan seorang pemimpin kepada yang dipimpinnya, dengan memberi akan timbuk rasa memiliki dan kasih saying antar sesama.
Arti seorang pemimpin dilihat dari warisan yang ia tinggalkan. Warisan bukan berbentuk harta fisik semata, namun yang lebih penting adalah warisan perbaikan. Warisan bukanlah hasil pikiran pengharapan, tapi ia adalah hasil perbuatan. Membuat perbedaan yang lebih baik yang dirasakan oleh generasi yang dipimpin dan generasi berikutnya inilah hakikat keberhasilan seorang pemimpin.
Apapun peran kita dalam hidup ini, pasti bisa membuat perbedaan. Membuat perbedaan akan lebih baik jika diawali dengan keteladanan, keteladanan lebih ampuh dibanding dengan kata-kata yang berbusa-busa dan aturan yang mengikat. Dengan keteladanan akan menumbuhkan perbaikan lebih permanen juga mampu merubah budaya.
Karena anda adalah satu-satunya pemimpin bagi diri anda sendiri. Mereka yang menghabiskan kesempatan dengan sia-sia dan menunggu pasti akan tergilas oleh waktu. Anda harus siap dan berani membuat perbedaan, sekarang atau tidak sama sekali.

Tidak ada komentar: