15 November 2008

Untuk sahabatku, Aku Iri

Teruntuk seorang sahabat yang kan wisuda 19 Nop'08 dan Walimah 23 Nop'08

Barakallahulakum Wabaraka 'alaiku wa jamma'a bainakum fil khoir untuk sahabatku...

Sebuah pesan masuk di inbox email di suatu hari, memberitakan tentang berita bahagia tentang akan diwisudanya seorang sahabat karib, beriringan dengan itu berita berikutnya bahwa akad nikahnya pun akan dilaksanakan 4 hari setelah hari ia wisuda. Seorang sahabat yang selama setahun bersama dalam satu amanah, kenal dalam 1 tahun namun Allah memberikan kemudahan dalam memahami karakter masing-masing.

Inisial namanya AM, aku mengenalnya cepat. Berawal dari amanah untuk menjalankan media di UGM, itupun tak pernah berinteraksi sebelumnya karena berbeda lini saat aktif-aktifnya di lembaga mahasiswa. Allah memberi nikmat ukhuwah yang tak pernah terbeli dengan harta, ukhuwah yang didasari dengan kesamaan visi dan tujuan bukan karena dunia semata. Inilah yang menyatukan Rasulullah dan sahabatnya, bukan hanya dalam dimensi fisik tapi ruhani, bukan di dunia semata tapi yang lebih kekal lagi di kehidupan akhirat kelak. Semoga Allah mempetemukanku dengan sahabat-sahabatku yang bergerak di jalan dakwah.

Sahabat adalah cerminan dari diri pribadi, sebagai tempat mengukur sejauh mana diri telah berubah, tempat berdiskusi tentang sejarah, kini, dan masa depan. Bersyukur memiliki sahabat yang bisa diajak diskusi dalam keseriusan, canda, bahkan ejekan. Serius, canda, dan ejekan bukan untuk merendahkan tapi semata sebagai bumbu sebuah persaudaraan.

Kebersamaan dalam setahun dalam amanah di media membuat tim yang solid, diawali dengan rintangan diawal-awal pembentukan hingga terakhir sebuah kebutuhan akan regenerasi. Sebuah proses yang membutuhkan kesabaran dan perencanaan yang matang. Di dalam proses pasti ada halangan, suka, duka, bahkan pengeluaran dari sisi tenaga, waktu, pikiran, hingga harta. Semua itu adalah upaya Allah memberikan bimbingannya bahwa kesuksesan bukan diraih semudah membalikkan telapak tangan tapi sebuah kesuksesan sebenarnya setelah jatuh bangun, dan akhirnya meraih keberhasilan.

Bahwa dalam hidup butuh perubahan adalah hal yang pasti. Perubahan secara fisik, pikiran, ruhani merupakan kepastian. Dan tentunya perubahan menuju kebaikan adalah tujuan akhir dari setiap peubahan. "Maka nikmat Allah yang manakah yang kamu dustakan?" ayat yang berulang-ulang dalam surat Ar Rahman menjadi pengingat bahwa hidup ini by design Allah SWT. Manusia hanya sebagai perencana, namun semua rencana hanya Allah yang dapat mengabulkannya. Sering manusia berfikir rencananya adalah yang paling bagus, paling akurat, dan pasti akan terwujud tapi Allah memberi jalan lain. Bisa jadi apa yang menurut manusia baik, buruk disisi Allah SWT dan apa yang menurut manusia buruk, baik disisi Allah SWT. Sungguh, hikmah dari setiap kejadian selalu dirasakan manusia setelah kejadian itu berlalu.

Itulah yang mendasari bahwa manusia agar selalu menggandengkan ikhtiar dan doa dalam setiap usaha karena kita tak pernah tahu mana yang terbaik menurut Allah.

Selamat atas diwisuda dan pernikahan saudaraku
Aries Marviyani dengan salah seorang hamba Allah
Ana uhibuki fillah...

5 komentar:

mary mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr.Wb
numpang komentar akh...ana menerti maksud tulisan ini akh. Ini sudah takdir dia akh...Tenang aja .....insyAllah Allah akan beri skenario yang lebih indah buat antum. Tak ada yang tertukar, semua sudah ditentukan oleh Allah pada kita semua sebelum kita dilahirkan. Umur, rezki, jodoh dan kematian..keep istiqomah

Anonim mengatakan...

Pun ketika saya ditawarkan bergabung di sana, ternyata., Subhanallah.,. yang namanya persaudaraan tak mengenal serapa lama kita saling mengenal, tidak memperhatikan seberapa jauh kita berinteraksi..,

Dan, bersama kalianlah, forum itu selalu ku rindukan.,

Setiap orang, memiliki fase kehidupannya masing-masing, iya kan Pak..?

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaykum.
Salam kenal salam ukhuwah!
Yach,saya jg ngerti apa inti tulisan ini...(Hampir 2 bulan yg lalu, tp masih terasa!!!).
Mungkin bukan hanya Akhi yg mrasakn. Tpi 'Afwan, terus terang saya jg merasakan hal yg sama pd "AM".
Itulah kehendak-Nya Akh..!Santai aja,,stock msih berlimbah di luar sana...!Dan Allah menjanjikan yg TERBAIK untuk kita.
Ahfidz Istiqomah wa istighozah

Anonim mengatakan...

...saat berjelajah di dunia maya.. ada keyword dari site yang kyaknya pernah di kenal...

ps:
saya haturkan selamat tuk AM,,,
semoga SAMARA:).. berkah tuk dunia & akhirat

dan selamat juga tuk dirimu yang senantiasa berjuang wujudkan mimpi dan cita:)

Kurnia

cha mengatakan...

sahabat itu segalanya