12 Oktober 2008

HAPPINESS


Apa arti kebahagian menurut anda? Apakah harta yang banyak, istri/suami sesuai dengan keinginan, atau jabatan yang berpengaruh dengan bawahan yang loyal?

Menurut Richard Liyard, 7 hal terbesar yang menyebabkan kebahagiaan adalah hubungan kekeluargaan, situasi ekonomi, kerja, komunitas dan teman, kesehatan, kebebasan individual, dan harga diri. Menurut riset yang ada yang paling utama menyebabkan orang bahagia adalah cinta. Kata yang bagus dari Miller (penulis buku Living eNVIRONMENT) "Too many people are working too many hours too much stuff that gives litle true happiness".

Patut direnungi arti kebahagiaan sesungguhnya. Bagi kita yang beragama, sudah barang tentu ukuran kebahagiaan bukan sekedar individual semata dan ukuran dunia. Kebahagiaan sejati lahir dari adanya keinginan berbuat terbaik untuk diri, orang lain, dan agama. Secara fitrah Tuhan menciptakan manusia dengan kemudahan dan kesukaran, kekayaan dan kemiskinan, pintar dan bodoh, dan berbagai paradoks yang ada. Tapi sesungguhnya itu semua hanya untuk menguji siapa yang paling baik amalnya, paling banyak berkorban, paling sabar, dan paling ikhlas dalam menghadapi semua keadaan.

Mari kita merenung, sudah bahagiakah kita selama ini?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamu'alaykum.,
Baru tau saya Pak, antum punya blog yah? [Yah, masa mantan mas'ul BiMO nggak nge-blog? he8]..

Kebahagiaan itu, perasaan yang membuat saya merasa nyaman, senang.. Bahagia ketika orang yang dicintai / disayangi merasa bahagia..

Tapi, pun ketika sedang di uji, rasa bahagia itu pasti tetap terasa walaupun datang di akhir moment.,

Anonim mengatakan...

aslm... iya ternyata antum punya blog... oya ini irma, masih kenal pak? [hmm...], setelah sekian lama bisa ngsh comment di blog antum...

kebahagiaan buat saya, adalah keadaan dimana saya merasa nyaman dan orang tercinta di sekeliling saya juga...
bahagia ketika bisa memberi kebahagiaan dan membuat orang lain tersenyum dan Dia pun tersenyum pada saya , berharap ridho & barakah Nya, amiin.